Hindari 4 Kesalahan Keuangan yang Bisa Membuat Anda Cepat Miskin Ini

Manajemen keuangan masih menjadi salah satu hal yang kurang disadari oleh banyak orang. Masih banyak yang terlalu mudah mengeluarkan uang untuk membeli hal yang sebenarnya tidak perlu. Jika Anda menginginkan keuangan yang sehat, hindari kesalahan keuangan berikut ini.

Kesalahan dalam Perencanaan Keuangan

1. Membeli karena keinginan, bukan kebutuhan

Kesalahan ini adalah kesalahan yang paling fatal pada manajemen keuangan. Anda harus bisa membedakan dengan betul mana yang merupakan kebutuhan dan mana yang merupakan keinginan. Kebiasaan buruk ini biasanya terjadi ketika masa gajian. Karena merasa memiliki uang yang berlebih, Anda akan terdorong untuk membeli sesuatu, bahkan jika barang tersebut tidak terlalu Anda butuhkan.

Sebagai contoh, Anda sudah memiliki handphone yang cukup bagus dan belum mengalami masalah yang serius. Namun, ketika memiliki uang yang cukup untuk membeli handphone yang lebih baik, akan ada dorongan untuk membelinya. Padahal, handphone yang lama pun masih bisa digunakan dengan baik. Akhirnya Anda mengeluarkan sejumlah uang untuk barang yang belum tentu dibutuhkan.

2. Pengeluaran kecil yang bersifat repetitif

Pengeluaran ini memang tidak terlalu terlihat karena nominalnya yang cenderung kecil. Namun, karena terus menerus diulang, bahkan hampir setiap hari, justru pengeluaran ini dapat menjadi penyakit di keuangan Anda. Membeli air mineral atau membayar parkir adalah contohnya. Meski hanya mengeluarkan sekitar Rp3.000,00 saja, namun jika dilakukan berulang-ulang bisa menguras dompet juga.

3. Termakan tren dan gengsi

Kesalahan ini biasanya paling sering dialami oleh anak-anak muda. Ketika muncul sebuah produk terbaru, maka akan ada keinginan untuk segera membelinya demi gengsi dan mengikuti tren. Hal ini benar-benar sangat buruk bagi keuangan. Tabungan yang seharusnya bisa untuk membeli berbagai keperluan yang lebih bermanfaat akan hilang hanya untuk menuruti rasa gengsi saja.

4. Tidak pernah mencatat pengeluaran

Mencatat pengeluaran bermanfaat untuk melakukan evaluasi pengeluaran di bulan depan. Dengan mencatat segala pengeluaran bulanan yang telah dilakukan, Anda bisa menilai di mana saja uang Anda digunakan dan menimbang apakah pengeluaran tersebut benar-benar penting. Dengan melakukan evaluasi ini, perencanaan keuangan Anda di bulan depan akan menjadi lebih baik.

Itulah kesalahan yang sering dilakukan seseorang dalam hal keuangan. Selain bisa memangkas pengeluaran yang tidak perlu, dengan menghindari hal tersebut Anda juga akan semakin cepat dan efektif dalam menabung sehingga lebih cepat untuk mendapat kekayaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *