Makanan Fast Food? Kekinian tapi Bikin Lupa Ingatan

Fast food merupakan pilihan yang pas bagi kalian yang memiliki waktu makan terbatas, namun ingin makan makanan yang enak. Sebut saja fried chicken atau burger. Pasti kebanyakan dari kalian menyukai makanan fast food kekinian ini, apalagi anak muda dan para workaholic.

Sebenarnya sudah banyak yang tahu bahwa makanan fast food kurang baik untuk kesehatan. Namun, karena rasanya yang enakdan penyajiannya yang cenderung cepat, membuat orang mengabaikan dampak ini.

Berikut akan ditegaskan beberapa penyakit yang kemungkinan bisa timbul jika kalian senang mengkonsumsi fast food. Setidaknya sebagai pengingat, semoga setelah membacanya kalian lebih mengerti bahwa fast food ternyata memang sebaiknya dihindari.

1. Menyebabkan Kecemasan

Pasti kalian bertanya-tanya, kok bisa hanya makan fast food membuat kita mengalami gangguan kecemasan? Padahal makanan jauh kaitannya dengan psikologi. Tentu ada penjelasan ilmiahnya.

Makanan cepat saji atau fast food biasanya diracik dengan karbohidrat olahan. Nah, inilah yang menyebabkan kadar gula darah berfluktuasi secara cepat. Saat kadar gula darah tersebut mulai turun itulah yang bisa memicu kita untuk merasakan kecemasan.

2. Menyebabkan Masalah Memori

Ternyata makan fast food alias junk food juga dapat memengaruhi memori atau ingatan kalian. Bagaimana tidak, sebuah penelitian menyebutkan bahwa mengkonsumsi junk food bisa memengaruhi teskognitif seseorang, yakni kemampuan mengukur perhatian, kecepatan, suasana hati kalian dan tentunya daya ingat.

Ini sih tidak bisa diabaikan begitu saja ya. Jangan sampai hanya gara-gara makan fast food, kalian mengalami masalah memori. Semua orang tentu membutuhkan memori untuk dapat berinteraksi dan menjalani kehidupan mereka dengan baik dan lancar, bukan?

3. Menyebabkan Obesitas

Siapa yang mau gemuk? Tentu tidak ada dari kalian yang menginginkannya kan. Tapi jika kalian suka makan fast food, masalah berat badan akan dapat menghantui. Mengapa? Karena komposisi fast food sebagian besar merupakan serat dengan kalori, serta memiliki nilai gizi nol.

Dengan demikian,bukan tak mungkin sering mengkonsumsi fast food dapat membuat berat badan kalian naik. Tentunya tak hanya itu, masalah kesehatan lain pun akan mengiringi. Untuk para wanita, setelah membaca ini pasti akan berpikir ulang untuk membeli fast food alih-alih makanan yang lebih sehat dan bergizi.

4. Menyebabkan Nafsu Makan Tak Terkendali

Lemak trans dalam fast food dapat mengirim sinyal yang membingungkan ke otak kalian. Inilah yang menyebabkan otak kalian sulit untuk memproses informasi mengenai makanan apa saja yang kalian makan. Tentunya ia juga akan kesulitan untuk memberikan sinyal mengenai seberapa lapar diri kalian, sehingga nafsu makan kalian akan menjadi tak terkendali.

Jika nafsu makan tak terkendali,bisa jadi tubuh kalian akan berlebihan menerima asupan makanan. Apa dampak lain yang mengiringi? Tentunya obesitas seperti yang disebutkan pada list sebelumnya. Dan untuk diingat kembali, bahwa obesitas juga bisa menjadi akar dari penyakit lain.

Ternyata masalah kesehatan yang timbul bukan penyakit yang sepele ya. Tentu bagi kalian yang menyayangi diri sendiri, kini akan berpikir ulang untuk mau mengkonsumsi fast food lagi, bukan? Semoga kita dapat lebih bijak dalam memilih makan yang akan dikonsumsi sehari-hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *