Panduan Langkah-langkah Persiapan Sebelum Menikah

Menikah adalah salah satu cara untuk menyempurnakan separuh agama. Nikah memiliki hukum yang berbeda-beda sesuaikan dengan kondisi. Bagi orang yang sudah cukup umur, memiliki kehidupan yang tercukupi dan mental yang matang maka hukumnya wajib.

Menikah bisa dilakukan dengan berbagai cara, bisa dengan cara sederhana cukup dengan ijab kobul atau dengan cara mewah dengan mengadakan resepsi. Biasanya pernikahan diadakan dengan menyesuaikan budget dan kesepakatan antara dua keluarga mempelai. Tetapi banyak orang memimpikan pernikahan yang mewah, karena pernikahan terjadi sekali seumur hidup. Mengadakan pesta pernikahan yang besar mewah membutuhkan persiapan yang panjang dan pastinya melelahkan. Ada banyak hal yang harus dipersiapkan jauh-jauh hari agar acara pernikahan berjalan dengan baik.

Persiapan Sebelum Menikah

Jika anda sudah memantapkan hati untuk menikah, maka anda harus mempersiapkan segala hal mulai dari 12 bulan sebelum pernikahan, memang ketentuan ini tidak berlaku untuk semua orang, karena dizaman sekarang banyak juga yang mempersiapkan pernikahan hanya dalam waktu 3 bulan saja:
• 12 bulan sebelum pernikahan, pastikan sudah memilih tempat untuk pernikahan
Tempat nikah adalah hal yang wajib anda pikirkan pertama kali jika ingin melangsungkankan pernikahan, baik pernikahan sederhana maupun pernikahan yang mewah.
• 11 bulan sebelum pernikahan, mulai mencari baju pernikahan yang ingin digunakan
• 10 bulan sebelum pernikahan persiapan baju seragam untuk keluarga kedua belah pihak.
• 9 bulan sebelum pernikahan susunlah konsep dekorasi pernikahan yang diinginkan.
Jika anda tidak mau ribet dalam menyiapkan pesta pernikahan maka bisa menggunakan jasa dari WO, anda tinggal menyampaikan kepada WO konsep pernikahan seperti apa yang diinginkan.
• 8 bulan sebelum pernikahan, hunting vendor catering dan pastikan testing menunya terlebih dahulu.
• 7 bulan sebelum pernikahan memilih jasa make up
Selain make up untuk pengantin, pastikan juga makeup untuk semua keluarga. Pastikan survey jauh-jauh hari, bisa mencari info dari teman atau keluarga yang sudah berpengalaman.
• 6 bulan sebelum pernikahan, lakukan foto prewed, jika anda ingin lebih hemat maka bisa menggunakan foto berdua saat pacaran.
• 5 bulan sebelum pernikahan mulai merilis siapa saja yang akan anda undang.
• 4 bulan sebelum pernikahan hunting souvenir pernikahan bersama dengan pasangan
• 3 bulan sebelum pernikahan mengurus segala sesuatu yang berhubungan dengan administrasi di KUA.
• 2 bulan sebelum menikah, melakukan fitting baju, dan mengecek segala sesuatu yang bisa saja terlewatkan.
• 1 bulan sebelum pernikahan harus mempersiapkan, mental, kesehatan dan juga perawatan tubuh, siap-siap juga untuk menyebar undangan.

Dengan mempersiapkan pernikahan jauh-jauh hari maka acara pernikahan anda dengan pasangan akan berjalan dengan sukses. Cara di atas juga mampu meminimalisir tingkat setres sebelum menjelang pernikahan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *