Penggunaan Aplikasi dalam Pencatatan Laporan Keuangan

Di era yang serba modern ini, semuanya sudah menggunakan teknologi dalam menunjang aktivitas manusia. Hampir semua transaksi keuangan dilakukan menggunakan teknologi, bahkan hal-hal yang kecil pun banyak yang memanfaatkan teknologi. Begitu juga dengan pelaporan keuangan suatu perusahaan atau bisnis. Mengingat semua yang bersangkutan dengan keuangan harus dibuat laporan keuangannya, lalu bagaimana aktivitas keuangannya sangat intens dan sangat besar? Tentu menggunakan pencatatan manual sudah bukan zamannya lagi karena sangat menguras tenaga dan menghabiskan waktu. Sebagai solusinya dan pemanfaatan teknologi, sekarang ini sudah banyak aplikasi keuangan yang dapat digunakan dengan mudah dan cepat.

Aplikasi keuangan mencakup aplikasi akuntansi merupakan suatu hal yang bisa disebut sangat menguntungkan para akuntan atau manajer keuangan dalam suatu perusahaan. Bagaimana tidak menguntungkan, pekerjaan bisa menjadi lebih cepat dan akurat dengan menggunakan aplikasi tersebut. Tidak hanya digunakan dalam pencatatan keuangan saja, perpajakan juga bisa dihitung dengan menggunakan aplikasi pajak. Ada banyak jenis aplikasi yang berbasis perpajakan, pengelola hanya cukup menginstall nya, kemudian memasukan data, secara otomatis dan akurat pajak akan dihitung. Namun harus diingat bahwa keteledoran dan ketelitian manusia sangat menentukan dalam hasil akhir aplikasi tersebut.

Manfaat Menggunakan Software

Banyak sekali manfaat menggunakan software, yang pertama adalah memudahkan pencatatan dan pembuatan laporan keuangan dimana nantinya pekerjaan akan bisa diselesaikan dengan cepat, menjadikan sesuatu yang lebih efektif dan efisien. Kedua, tentunya software pembukuan ini biasanya saling berintegrasi dengan aplikasi-aplikasi lainnya sehingga ketika kita menginput data dalam software tersebut, laporan secara otomatis masuk kedalam sistem dan berhubungan satu sama lain, hal tersebut tentu sangat menguntungkan daripada kita harus menghubungkannya secara manual.

Ketiga, kesalahan-kesalahan yang biasanya terjadi dalam perhitungan akan lebih terminimalisir, coba bayangkan jika kita masih menggunakan kalkulator dalam melakukan perhitungan? Jika datanya sudah sangat banyak, bisa-bisa konsentrasi terganggu, dan bisa saja kita melakukan salah perhitungan yang nantinya berakibat fatal pada hasil akhirnya. Berbeda dengan menggunakan aplikasi yang memang di set untuk melakukan perhitungan, yang penting kita memasukan data dengan benar, secara otomatis sistem akan membuat perhitungan dengan akurat.

Keempat, lebih menghemat biaya, kita tidak perlu menggunakan jasa akuntan yang membutuhkan biaya yang mahal, dengan menggunakan software dan mahir menggunakan software tersebut juga membuat kita dapat mengelola akuntansi UKM dengan benar, kita juga bisa menghitung pajak UMKM nya dengan akurat dan cepat tanpa harus mengeluarkan uang. Ya, meskipun menggunakan software dalam kegiatan laporan keuangan tersebut membutuhkan uang untuk membeli software nya, namun apabila dikaji dan dipikirkan untuk kebutuhan jangka Panjang, hal tersebut tentunya menguntungkan kita, karena hanya dalam sekali bayar saja, kita sudah bisa membuat laporan keuangan dalam jangka waktu yang Panjang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *